E2Consulting.co.id – Seseorang yang sedang menjalankan sebuah bisnis atau sebuah organisasi harus memiliki strategi bisnis yang baik, supaya apa yang dijalankannya bisa menghasilkan lebih banyak materi dan uang dalam jangka panjang.

Selain itu, pengelolaan bisnis yang baik juga bisa membantu sebuah perusahaan untuk tetap sehat walau sedang diterpa cobaan dari luar (krisis ekonomi global, misalnya).

Dalam sebuah jejaring bisnis, terutama yang berkaitan dengan dunia di luar, tidak ada satu pun perusahaan yang sanggup hidup sendiri. Sebuah perusahaan akan selalu membutuhkan perusahaan lain dalam mata rantai jejaring perusahaan.

Karena itulah dibutuhkan sebuah strategi bisnis yang bagus supaya setiap perusahaan mampu bertahan dari krisis eksternal, supaya efeknya tidak merambat ke perusahaan lain di dalam jejaring yang sama.

Menjalankan Strategi Bisnis Tertentu
Di luar sana ada banyak orang yang selalu mencoba menjalankan bisnis baru, dan di luar sana ada banyak orang yang selalu mencoba mempertahankan bisnis yang telah dirintis. Entah ini menulis blog, atau menjalankan toko online baru, banyak orang yang akan selalu mencoba menjalankan bisnis dengan cara apapun.

Membangun bisnis berarti siap dengan strategis bisnis tertentu. Setidaknya ada delapan tips tentang bagaimana membangun bisnis yang baik, di antaranya adalah:

1. Berpikir kritis
Ada orang yang cinta akan pikiran kritis. Dan bila digabungkan dengan fokus terhadap bidang yang sedang digeluti, maka hasilnya adalah produktivitas. Jadilah pengusaha di bidang tertentu, yang bakal dijalankan sesuai minat, dengan pikiran kritis, serta fokus terhadap tantangan yang ada di depan mata.

2. Berani mengambil resiko
Mengambil resiko dengan beberapa pendekatan baru patut dilakukan, bahkan untuk perusahaan kecil sekali pun. Keberanian mengambil resiko akan berbuah manis, terutama bila dibarengi dengan kerja keras.

3. Berpikir terbuka
Setiap bisnis memiliki karakteristik tersendiri, dan tugas pengelolanya adalah untuk mengetahui karakteristik yang muncul. Mulailah untuk berpikir secara terbuka serta mengambil perspektif berbeda, guna membuat ide-ide yang muncul menjadi nyata.

4. Berpikir tajam serta fokus
Keterbukaan dalam berpikir menjadi kunci bagi siapa pun yang ingin memulai ide bisnis tertentu. Ini akan membantu seseorang mencari perspektif yang berbeda dari sebuah ide bisnis. Selain itu, lihatlah segala macam aspek dalam sebuah ide bisnis dan jangan hanya melihat situasi yang enak saja. Selalu ada kepahitan dalam segala hal yang indah.

5. Jadilah orang yang oportunis
Menjadi seorang oportunis bukanlah yang buruk. Artinya ia bisa melihat peluang di dalam segala hal, dan peluang merupakan hal penting dalam sebuah bisnis.

6. Jadilah orisinil
Tanamkan ide bahwa individu adalah unik dan memiliki ide kreatif yang berbeda dengan orang lain. Seseorang harus mulai berpikir bahwa kreatifitas yang orisinil selalu lebih baik dibandingkan peniruan yang ingin tampak seperti orang lain.

7. Bekerja keras
Ini bukanlah sebuah rahasia yang tertutup rapat, melainkan sebuah strategi penting yang mesti dilakukan siapapun yang ingin mengasah kemampuan diri.

8. Jadi seseorang yang kreatif
Di dalam bisnis, pemasaran adalah segalanya. Selain itu diperlukan kreativitas untuk menciptakan sejumlah peluang bisnis tertentu. Kemampuan berpikir cerdas dan cepat, serta kreatif menjadi elemen strategi bisnis yang harus dicamkan di dalam benak banyak orang.

Strategi yang Baik Menuntut Perencanaan
Di bidang apapun, strategi menuntut perencanaan yang bagus. Di dalamnya ada banyak elemen bisnis yang terkait langsung dengan marketing, atau pemasaran. Dengan demikian ada beberapa macam konsep yang harus diketahui terkait dengan strategi bisnis.

1.Produk
Produk yang baik adalah benda yang inovatif dan berguna. Selain itu, produk yang bagus juga harus mampu memenuhi kebutuhan pelanggan tertentu, sekaligus memuaskan hasrat mereka.

2. Promosi
Kegiatan promosi perlu dilakukan oleh penjual barang, tujuannya untuk meningkatkan kesadaran pengguna terhadap produk yang dijual. Ini menjadi elemen kunci paling penting di dalam setiap strategi bisnis.

3. Lokasi
Strategi ini terkait dengan bagaimana mendistribusikan produk sekaligus memperluas pemasok serta citra yang bisa diandalkan. Promosi yang baik akan memudahkan pelanggan untuk menggunakan produk yang diinginkan.

4. Harga
Kualitas produk harus sesuai dengan harganya, dan sebaliknya, harga sebuah produk harus menyesuaikan dengan kualitasnya. Pelanggan akan mencari produk lain yang sama, bila harganya ternyata lebih murah ketika dijual di toko C.

Tidak ada patokan mengenai bagaimana seseorang bisa menjalankan strategi bisnis yang baik. Dan seterusnya, tidak ada tips yang pasti, yang bisa mengajarkan orang untuk memulai bisnis dengan strategi yang tepat.

Yang benar adalah: setiap strategi bisnis yang dirancang perlu memperhatikan beberapa elemen penting termasuk daerah operasi, demografi pelanggan, jumlah pesaing, tingkat ekonomi, dan ukuran bisnis. Setiap strategi dan perencanaan bisnis bukanlah konsep yang bisa disamakan begitu saja, antara satu model bisnis dengan yang lainnya.

Kendati strategi bisnis harus disesuaikan dengan konteks serta jenis bisnis, orang harus sadar bahwa menciptakan strategi adalah sesuatu yang bisa dipelajari dengan baik.

Belajar menciptakan strategi dengan mengambil hikmah dari berbagai macam pengalaman bisnis, merupakan sebuah langkah pertama yang bisa ditempuh.

Artinya, pengalaman adalah guru terbaik, dimana darinya seseorang bisa belajar untuk mengambil keputusan yang baik dan dengan cara seefektif mungkin. (sumber)