e2consulting.co.id – Pembahasan kita kali ini tentang perusahaan Zoom yang berjaya ditengah merebaknya pandemi Covid-19. Zoom berdiri pada tanggal 21 April tahun 2011 dengan Eric Yuan sebagai founder. Zoom berpusat di San Jose California dan sahamnya diperdagangkan oleh NASDAQ-100. Eric Yuan adalah mantan karyawan Cisco Webex. Dia meluncurkan softwarenya pada tahun 2013, untuk Unified Communication (UC) services, yakni layanan Video telephony, Online Chat dan Business Telephony System. Zoom merupakan perusahaan start-up yang sudah menjadi unicorn dan berhasil mencetak profit setiap tahunnya. Revenue tahun 2019 sebesar USD 622 million dan Net-Income USD 21 million. Diperkirakan revenue tahun 2020 akan jauh melonjak.

Pandemi Covid-19 membawa berkah yang luar biasa bagi Zoom karena lockdown atau PSBB yang diterapkan di berbagai negara. Dunia usaha, Pemerintahan dan sekolah berjalan dengan mekanisme bekerja dari rumah, Work From Home (WFH) atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) – Learning From Home (LFH). Untuk dapat bekerja atau belajar dari rumah, dibutuhkan sarana Internet yang berkecepatan tinggi dan latency atau delay sinyal yang memadai agar mampu melayani tools Video Conference dengan berkualitas, yakni mampu menghubungkan hingga ratusan orang dalam satu group rapat. Berbagai perusahaan digital menawarkan sarana komunikasi Video dan suara serta multi-media sehingga membuat suasana rapat seperti live di kantor. Telkomsel menawarkan layanan Cloud-X, Google menawarkan Google Meet, Microsoft menawarkan Microsoft Team dan Skype, Cisco menawarkan Webex, namun yang paling popular adalah Zoom. Whatsapp tidak mau ketinggalan, mereka menawarkan percakapan Video dan suara gratis yang mampu melayani percakapan sepuluh orang sekaligus. Yang terbaru di India, Operator Selular Relience Jio menawarkan layanan JioMeet, yang di-bundle dengan paket Data Internet, mampu melayani 100 percakapan sekaligus dengan pemakaian tidak terbatas.

Layanan Zoom banyak dipertanyakan dari aspek keamanan dan privacy data penggunanya. Aplikasinya sempat ditolak Mac (Apple), ada pula tuduhan membocorkan data pribadi dan berbagai tuduhan lainnya. Zoom bekerja keras untuk meningkatkan keamanannya, saat ini tidak terdengar lagi keluhan yang berarti dari penggunanya. Pengoperasian layanan Zoom dibuat semudah mungkin, tanpa perlu tahu jenis devices yang digunakan, misalnya PC atau Smart phone, tinggal klik saja. Demikian pula kualitas gambar dan suara sudah cukup bagus. Keunggulan layanan Zoom terletak pada tiga hal yakni kualitas gambar HD (High Definition), Mobility dan Web-Meeting. Namun, layanan Video Conference cukup sering terganggu karena kualitas layanan Internet yang tidak stabil atau karena listrik mati di rumah. Tampaknya, masyarakat di seluruh dunia cukup puas dengan layanan Zoom dan telah menjadi tools dalam bekerja atau berinteraksi. Ditengah situasi menjaga social distancing atau WFH, Zoom telah digunakan untuk berbagai keperluan seperti Webinar, Pendidikan Jarak Jauh, silaturahmi antar keluarga dan teman, kanal ibadah dan bahkan untuk dating.

Zoom menawarkan model bisnis yang menarik, dimana peserta dapat menggunakan layanan gratis selama 40 menit untuk 100 orang pengguna dan setelahnya terputus, namun dapat disambung kembali. Suatu pancingan yang jitu, sehingga orang berbondong-bondong memakai Zoom. Supaya pembicaraan berjalan lancar dan tidak terputus maka pengguna didorong untuk menjadi pelanggan. Terdapat beberapa paket berlangganan yang sesuai dengan kebutuhan, yakni paket Basic (Personal Meeting), Pro (Great for small teams), Business (Small and Medium Business) dan Enterprise (Large Enterprise-Ready). Zoom memberikan harga yang lebih murah dari kompetitornya dengan fitur layanan yang lebih banyak.

Sarana Zoom dan Video Conference lainnya telah mempercepat pelaksanaan transformasi digital, dimana karyawan yang bekerja dari rumah dapat berinteraksi dengan atasan, teman sejawat dan mitra kerja untuk membahas pekerjaan dan tindaklanjutnya. Lebih menarik lagi apabila perusahaan sudah memiliki Business Process Management (BPM) digital sehingga proses rapat dan pengambilan keputusan dapat dilakukan secara cepat. Beberapa perusahaan digital seperti Google, Twitter, dan Facebook telah memutuskan WFH hingga pertengahan tahun 2021 karena proses bisnisnya sudah berjalan otomatis.

Bagaimana Zoom dapat menyediakan kapasitas Jaringan yang sangat besar seiring dengan pertambahan pengguna yang sangat besar dan waktu bersamaan pula? Zoom bekerjasama dengan penyedia platform digital atau Cloud Computing seperti Amazon Web Services (AWS) dan Equinox. Infrastruktur dan kapasitas server & storage disediakan oleh Cloud Computing provider, Zoom fokus kepada pelayanan penggunanya dan kualitas layanan yang dihasilkan.

Pelajaran apa yang dapat diperoleh dari Zoom? Mereka memahami apa yang menjadi kemauan pelanggan (customer wants). Dan teknologi serta customer service mereka memuaskan pelanggan melebihi yang dilakukan oleh kompetitornya. Tiga hal yang dilakukan dengan benar adalah mereka bekerja keras mengatasi masalah besar (it worked hard at solving a big problem), mereka berupaya menyelesaikan masalah yang mempengaruhi banyak orang (they aimed for a problem that affected many people) dan mereka fokus kepada pelanggan (they focused on the customer). Kita berharap agar perusahaan dalam negeri mampu menghasilkan produk dan layanan yang berskala global seperti Go-jek. Dibutuhkan orang-orang yang berimajinasi tinggi yang dapat merancang kemauan atau kebutuhan masyarakat dan korporasi di masa depan. Misalnya, pembuatan wearable devices untuk monitoring kesehatan tubuh, pembuatan sensor IoT dan berbagai teknologi serta aplikasi yang tepat guna, seperti untuk pertanian, pengelolaan hasil laut dan berbagai aplikasi lainnya untuk lifestyle. Pemerintah perlu mendorong para generasi muda untuk menghasilkan ide-ide kreatif dan memfasilitasi pendirian usaha start-up, dengan memberi modal kerja dan melatih ketrampilan di bidang manajemen dan bisnis, serta menyediakan coach & mentor bagi para start-up. Disamping itu, penyedia layanan Cloud Computing seperti Telkom, perlu didorong untuk menyediakan platform digital gratis bagi para pemula. Menjelang perayaan kemerdekaan RI yang ke-75, kita mengharapkan bangkitnya generasi penerus yang mampu menghasilkan produk dan layanan digital yang kompetitif bersaing di skala global. Semoga!