e2consulting.co.id – Pandemi Covid-19 telah membuat kita terbatas melakukan kegiatan di luar rumah, sehingga kita lebih banyak beraktivitas di dalam rumah, baik bekerja, belajar, beribadah maupun bersosialisasi. Situasi ini menyebabkan kita cepat bosan dan perlu hiburan untuk menyenangkan diri. Kita beruntung karena teknologi digital sudah sampai ke dalam rumah, khususnya melalui jaringan Internet yang mampu menyalurkan sinyal TV cable, live-streaming TV, konten video, musik dan games. Dengan peralatan Smart TV, komputer, lap-top atau smartphone, kita dapat mengakses berbagai macam konten yang menjadi sarana hiburan.
Kegiatan bisnis jasa hiburan, pertunjukan, travelling, maupun penyaluran hobby menjadi sangat terbatas akibat dari pandemi Covid-19. Kalangan artis menjadi sangat terpukul karena tidak ada pemasukan uang dari seni pertunjukan, demikian pula pemilik seni pertunjukan dan event organizer. Untuk mendapatkan pemasukan uang dan menjaga hubungan dengan penggemarnya, para artis melakukan konser live-streaming secara individu di studio atau café dan penonton menikmatinya di rumah melalui layar TV atau gadget-nya. Pertunjukan konser musik live-streaming juga dilakukan oleh event organizer yang menampilkan beberapa orang artis dalam satu pertunjukan. Sementara pertunjukan opera dan musik klasik di luar negeri menawarkan rekaman pertunjukan dan suasana di dalam gedung teater atau opera house serta dapat berinteraksi dengan para artis dan musisi. Layanan ini diberikan gratis untuk sesaat dan selanjutnya harus berlangganan.
Kegiatan travelling sangat terpukul karena hampir semua negara menutup pintu bagi orang asing selama pandemi Covid-19. Hasrat untuk berlibur dapat dipenuhi secara virtual melalui tontonan di Youtube maupun virtual-tour yang ditawarkan para tour-guide. Para tour-guide cukup kreatif menawarkan objek wisata di sebuah kota, misalnya Melbourne, yang membawa pelancong ke tempat-tempat wisata seperti Sidney Opera House secara virtual. Mereka memungut bayaran virtual-tour dengan harga yang cukup murah. Yang menarik adalah mengikuti perjalanan pelancong individu yang membuat program tour-nya berupa video-vlog menarik dan tidak terdapat dalam paket tour biro travel. Mereka menjelajahi suatu negara, daerah atau kota, dengan menelusuri tempat-tempat istimewa, sarana transportasi yang digunakan, tempat penginapan yang harganya terjangkau, tempat kuliner dan hiburan serta bersosialisasi dengan masyarakat lokal. Hal ini menjadi hiburan yang menyenangkan dan sekaligus menjadi pembelajaran bagi pemirsa di rumah untuk mempersiapkan liburannya di masa mendatang. Para pelancong atau video blogger ini secara rutin menjelajahi berbagai tempat menarik di seluruh dunia, sehingga mereka memiliki follower yang banyak. Mereka menjadi endorser bagi tempat-tempat wisata, sarana transportasi dan restoran, sehingga mendapatkan pemasukan uang dari sana serta dari Youtube.
Konten lain yang menghibur adalah olahraga, games, hobby dan lifestyle. Dengan bergulirnya kembali kegiatan olahraga professional secara terbatas, kita dihibur melalui pertandingan live berbagai cabang olahraga seperti sepakbola, basket, tennis, balap motor GP dan balap mobil Formula-1. Menonton pertandingan ini membawa kita ke suasana stadion dengan pertandingan kelas dunia, sekalipun tanpa penonton. Berbagai konten Youtube tersedia untuk menyalurkan hobby antara lain bermain musik, berkebun, memelihara binatang dan memasak. Selama masa pandemi Covid-19, banyak orang menanam bunga, belajar memasak, memelihara binatang, tentunya dengan menggunakan tips dari Youtube. Yang tidak kalah menarik adalah menonton konten lifestyle yang sangat beragam, mulai dari spiritual journey, kesehatan dan perawatan diri, kehidupan artis, makan di restoran, kegiatan komunitas di berbagai bidang, dan lain-lain. Dan banyak juga yang menghibur diri dengan bermain games, terutama dengan games online.
Dalam ekosistem leisure, travelling and lifestyle kita dapat berperan sebagai penikmat konten dan juga sebagai penyedia konten. Sebagai penikmat konten, kita harus membatasi diri dengan waktu yang bisa terkuras untuk menonton, karena sistem Artificial Intelligent (AI) Youtube akan senantiasa menawarkan konten yang sesuai dengan profil kita sehingga kita tidak kuasa menolak konten baru untuk menontonnya, sehingga kita menjadi sangat tergantung (addict). Sebaliknya, kita bisa memanfaatkan waktu luang menjadi Youtuber, yang bisa menjadi hobby ataupun sebagai bisnis baru, seperti yang dilakukan para Youtuber yang sudah berhasil. Untuk menjadi Youtuber professional, kita harus mempersiapkan diri dan merancang perjalanan karir sebagai Video blogger. Kita perlu merancang target pemirsa, jenis konten dan kualitas gambar video-nya. Keberhasilan sebagai Youtuber sangat ditentukan oleh konten yang ditawarkan, yakni konten orisinal yang belum pernah ditawarkan orang lain, menghibur atau menambah pengetahuan atau wawasan. Konten harus tayang secara teratur dan dipromosikan melalui kanal Youtube dan media sosial lainnya.
Kita tidak tahu berapa lama lagi pandemi Covid-19 ini berlalu, kita harus kuat dan tabah beraktivitas dari rumah. Untuk itu kita perlu menjaga kesehatan tubuh yang kuat dan memelihara jiwa yang tentram. Mari kita pelihara jiwa dengan berfikir positip, banyak belajar, bekerja bersungguh-sungguh dan menjalan kegiatan pribadi (me time) dengan hal-hal yang menyenangkan dan membuat hati damai. Kita harus memanfaatkan waktu 24 jam sehari secara efektif, termasuk menggunakan media sosial dan menyenangkan diri melalui tontonan virtual!